Welcome to my Blog

Welcome to my Blog
SESUATU
qu coba tuliskan disini

Kamis, 28 Juli 2011

PERGURUAN TINGGI DI SUMATERA BARAT KURANG DIMINATI. oww, benarkah ?

Sudah barang tentu setiap siswa/-i yang lulus dari SMA/sederajat memiliki impian untuk duduk dibangku Universitas favorit. Mereka semangat melakukan pendaftaran UMPTN jalur undangan demi sebuah harapan menjadi salah satu orang yang paling beruntung se-Indonesia, yaitu lolos seleksi dan diterima di Universitas yang mereka impikan. Universitas manakah gerangan yang paling diminati mereka ? Berikut peringkat 10 perguruan tinggi negeri di Indonesia dengan jumlah pendaftar terbanyak lewat SNMPTN jalur undangan 2011 :

1. Universitas Gadjah Mada           : 34.922 pendaftar
2. Universitas Indonesia                 : 32.363 pendaftar
3. Universitas Padjadjaran             : 27.292 pendaftar
4. Universitas Diponegoro             : 23.010 pendaftar
5. Universitas Brawijaya                 : 21.560 pendaftar
6. UPI Bandung                              : 19.258 pendaftar
7. Universitas Negeri Yogyakarta   : 19.254 pendaftar
8. Institut Pertanian Bogor             : 17.203 pendaftar
9. Universitas Negeri Surabaya     : 16.655 pendaftar
10. Univesitas Negeri Semarang   : 16.258 pendaftar
(tempointeraktif.com 2010)

Akan tetapi sangat disayangkan dari 10 Universitas tersebut tidak satu-pun memperlihatkan Perguruan tinggi yang ada di Sumatera Barat (Sumbar). Rasanya tidak salah kalau kita bertanya dimanakah keberadaan Perguruan tinggi di Sumbar ? dan kenapa gerangan tidak menjadi Universitas favorit, setidaknya buat warga Sumbar sendiri.opss..

Memangsih kalau kita menoleh kebelakang, asal muasal Perguruan tinggi di Indonesia berkembang dari pulau jawa yang menghadirkan ITB (saat itu dijuluki Technische Hogeschol Bandung yang berdiri tahun 1920 dan dikenal sebagai Universitas tertua) dan selanjutnya UGM sebagai Perguruan tinggi pemerintah pertama di Indonesia. Fenomena inilah yang mungkin menjadi pemantik semangat siswa/i Minangkabau untuk kuliah di pulau Jawa dan meninggalkan Universitas di Sumbar yang konon katanya pernah dijuluki dengan Kota Bung Hatta itu. Atau mungkin ada pertimbangan lain seperti masalah kualitas Universitas ? atau masalah pembiayaan, dimana mungkin saja biaya kuliah Universitas di Sumbar relatif lebih mahal dibanding Univeritas di Jawa).

Fenomena tingginya minat siswa/-i untuk kuliah di Jawa (sebagai contoh Universitas di Jogayakarta) terlihat dari jumlah partisipasi SMPTN jalur undangan terbanyak berasal dari sekolah-sekolah Sumbar yaitu sebanyak 51,75 persen, yang dikuti Gorontalo sebanyak 41,67 persen, Aceh 40 persen dan Jawa Tengah 37,85 persen (republika.co.id). sekali lagi saudara tanya kenapa ? hha..

Maka dari itu barang kali Perguruan tinggi di Sumbar harus lebih semangat, GIAT dan fokus ya dalam memperbaiki sistem pendidikan (kurikulum, dosen, fasilitas dan pembiayaan) agar diperoleh kualitas (bila perlu agriditasi A) dan tentunya diperkuat dengan lingkungan belajar yang nyaman sehingga dapat mengundang minat untuk disinggahi siswa/i, khususnya siswa/i jalur undangan Sumbar.

Harapan terakhir adalah semoga di tahun 2012 dan seterusnya perguruan tinggi kita di Sumbar bisa menjadi lebih hebat dan partisipasi SMPTN semakin meningkat.


Sofyan Hadi Lubis
Ketua IMBL

IMBL
IKATAN MAHASISWA BATANG LINGKIN
KEJORONGAN BATANG LINGKIN. AIA GADANG TIMUR. PASBAR
Sekretariat : Gedung Serbaguna Batang Lingkin, HP 081374502765

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar anda